PERMASALAHAN DISKLESS DAN PERBAIKANYA

0
PERMASALAHAN DISKLESS DAN CARA PERBAIKANYA
Jasa Service Warnet Cyberindo Diskless
Beberapa permasalahan warnet yang menggunakan sistem diskless dan beberapa cara untuk memperbaikinya, bisa anda coba dengan permasalahan diskless yang anda temukan di warnet anda, Permasalahan diskless yang sering terjadi di warnet sebagai berikut :
  • Diskless - SAN Device Error
    • Solusi Pertama
      Coba pastikan bahwa image sudah tercentang di setting diskless console
    • Solusi  Kedua
      Silahkan centang use compatible pxe boot di diskless console
      Cobalah melakukan boot kembali
      Bila masih bermasalah, coba hilangkan huruf "kk" di kotak dibawah use compatible pxe boot (Sebelumnya ipxe.kkpxe menjadi ipxe.pxe)
      Lakukan percobaan boot kembali
  • Perhatikan kode yang muncul pada error blue screen, beberapa diantaranya
    • 0X000007B (Lan Card Driver)
      remove lalu pastikan menginstall driver lan card yang sesuai, jika menggunakan lancard tambahan, lepas lalu bersihkan kuningan lancard dengan penghapus, lalu silahkan pasang kembali dan coba booting kembali.
    • 0X0000004E (Graphic Card/VGA)
      Install ulang driver VGA, gunakan driver vga yang sesuai/bawaan, jika Kode berubah - ubah, coba cek ram pada client, ganti psu, periksa tegangan power pada cpu
  • Diskless - Stuck booting di logo windows
    • Solusi Petama
      Coba pastikan bahwa driver LAN sudah terinstall kedalam image yang digunakan. Bila driver belum terinstall, gunakan PNP tool untuk menginject driver LAN kedalam image tersebut
    • Solusi Kedua
      Pastikan bahwa ukuran image yang ada di server sama dengan ukuran yang muncul saat proses upload. Bila ukuran tidak sama, silahkan mengupload ulang image tersebut ke server
  • Diskless - Client sering restart sendiri
    • Solusi Pertama
      Coba lihat setting disk cache untuk diskless. Tambahkan ukuran disk cache menjadi lebih besar pastikan Partisi WB tidak penuh, hal ini biasanya terjadi pada warnet yang beroperasi 24/7 
      • Solusi : silahkan tambah partisi untuk writeback atau batasi file writeback client. Umumnya SSD/HD120GB hanya bisa untuk 25 PC Client.
  • Diskless - Hanya bisa booting 5 PC
    • Solusi Pertama
      Pastikan bahwa program CyberIndo Update sudah terinstall. Pastikan bahwa user sudah memasukkan lisensi yang valid kedalam CyberIndo Update. Pastikan Cafe Console diinstal terlebih dahulu sebelum menginstall diskless console.
  • Mengapa saat Install ulang, upgrade/downgrade versi cafe console terjadi gagal booting (PXE-M0F Connection reset)?
    • diskless_Lisensi diskless pada console diskless hilang saat uninstall CyberIndo client pada mode super user, karna kalau install ulang CyberIndo server biasanya dengan tujuan untuk ganti versi, otomatis harus buka super user dan install ulang cafe client-nya. Sementara ini solusinya dengan install ulang diskless server console.
  • Mengapa saat booting stuck[booting from san device 0x80Q] pada mode diskless?
    • PC Client belum diberi image atau image yang digunakan terdapat file corrupt. Solusi: gunakan master image atau lakukan injeksi image sendiri.
  • Mengapa booting stuck di logo windows?
    • Penyebab umumnya adalah Driver LANcard yang tidak cocok, penggunaan Windows Loader (Image windows 7), Lancard yang tidak support boot ROM(PXE), dan Lisensi. Solusinya adalah sebagai berikut:
    • Driver LANcard yang tidak cocok : Import driver lan dengan menggunakan pnp tools server, untuk driver silahkan download dari website resmi masing-masing motherboard
    • Windows Loader : silahkan cari loader versi lain di google atau bisa menggunakan remove wat, atau tidak perlu dikasih loader, tiap 30 hari upload ulang image
    • Lancard yang tidak support boot ROM (PXE) : ganti lancardnya atau bisa boot dengan ipxe, silahkan googling dengan keyword ipxe untuk tutorialnya dan requirement toolsnya
    • Lisensi : install ulang diskless server console.
  • Apa yang harus dilakukan jika gagal booting (Pxe-m0f no bootable device)?
    • Pastikan image sudah di upload / import
    • Pastikan DHCP scan di server sudah berjalan
    • Pastikan DHCP scan di server tidak bentrok dengan DHCP server diskless lain (kalau ada). Pastikan juga DHCP range nya tidak include IP si server sendiri.
    • Kalau TFTP service masih gagal running, bisa coba input mac address client secara manual pada server diskless.
  • Apa yang harus dilakukan jika gagal booting (pxe-m0f media test failure)?
    • cek kondisi kabel dan lancard
    • pastikan onboard LAN sudah enable
    • pastikan kabel UTP sudah terhubung dengan baik.
  • Apa yang harus dilakukan jika booting pada mode diskless gagal dan muncul error message "reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device and press a key"?
    • Cek bios, pastikan Onboard Lancard dan Onboard LAN Boot ROM (PXE) sudah enable.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)